About Us

Read About Our Organization, Hymn, and More

Introduction

Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia

KMKI, singkatan dari Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia, adalah suatu organisasi dari dan untuk mahasiswa/i Indonesia di Jerman yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan dan kekatolikan. Keorganisasian KMKI secara garis besar diatur dalam Orientasi KMKI, pelaksanaannya didasarkan atas musyawarah dan mufakat antara sesama warga dan pengurus.

Kewargaan KMKI bersifat terbuka dan mengandung unsur-unsur pengakuan diri dan pengakuan dari warga lain, serta adanya pendataan diri pada sekretaris regio. KMKI juga terbuka bagi umat agama lain, karena KMKI bukanlah suatu organisasi keagamaan, melainkan organisasi yang bernafaskan kekatolikan.

Hamburg

Regio Nord

Hamburg

Regio Berlin

Hamburg

Regio MWD

Hamburg

Regio Bayern

KMKI Jerman, yang diurus dan diwakili oleh panitia kerja (PK) Pusat, terdiri atas beberapa regio dengan otonom sendiri (masing-masing regio memiliki PK regio sendiri). Keempat regio KMKI Jerman adalah regio Nord, regio Berlin, regio MWD (Mitte West Deutschland) dan regio Bayern. Masing-masing regio terdiri dari beberapa rukun, yaitu suatu kota atau gabungan kota dengan jumlah student Indonesia yang cukup banyak, dan Kontakadresse. Perkecualian dalam hal ini adalah regio Berlin yang tak terbagi lagi atas rukun dan Kontakadresse, dikarenakan Berlin merupakan kota yang memiliki mahasiswa/i Indonesia dalam jumlah yang sangat besar.

Kegiatan KMKI

Tiga kegiatan utama KMKI berupa kegiatan rohani, termaksud perayaan misa, doa bersama, dan sebagainya, kegiatan informatif, termaksud seminar, Info-Abend (informasi mengenai berbagai macam jurusan universitas di Jerman), forum diskusi, dan sebagainya, dan kegiatan sosial, termaksud rekreasi dan olah raga. Kegiatan KMKI berbeda-beda dari rukun ke rukun dan tergantung dari minat warga masing-masing. Kegiatan rutin di tingkat regional dan pusat berupa temu tahunan, yaitu seminar, yang diadakan setahun sekali, suatu kesempatan bagi warga-warga KMKI dari berbagai kota untuk bertemu.

Sarana informasi dan komunikasi yang lain adalah majalah-majalah yang diterbitkan oleh KMKI regional dan Buletin KMKI yang diterbitkan oleh KMKI Pusat.

Berbagai kegiatan KMKI dalam tingkat regional dan pusat dibiayai oleh KAAD (Katholische Akademische Ausländerdienst). Untuk kegiatan-kegiatan di tingkat rukun, warga rukun harus mencari dana sendiri. Ini seringkali berupa sumbangan atau kolekte dari warga KMKI sendiri.

Orientasi 3

Download PDF File Orientasi 3 untuk Mengetahui Organisasi Kami Lebih Dalam Lagi Download
Standard Post with Image

Sejarah

Lahirnya Komunitas KMKI

Meskipun masa-masa persiapan yang menjangkau jauh di waktu lampau yang tidak kecil artinya tidak boleh dilupakan, secara nyata dapat ditunjuk jam 00.00 tanggal 1 Januari 1962 sebagai detik kelahiran KMKI. Antara tanggal 26.12.61 sampai 1.1.62 untuk pertama kalinya sejumlah lebih kurang 50 mahasiswa katolik Indonesia dari Austria, Belgia, Jerman, Italia dan Nederland mengadakan pertemuan bersama di Schloß Ising am Chiemsee, Jerman Barat.

Dalam pertemuan tersebut telah dicetuskan kebulatan tekad untuk mengadakan kekeluargaan antar mahasiswa katolik Indonesia di Eropa dengan menamakan diri: Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia atau disingkat KMKI.

Baik dicatat bahwa kelahiran KMKI ini bukan suatu usaha pengurus IMKI (Ikatan Mahasiswa Katolik Indonesia; berdiri sejak 1951, di Nederland, suatu perhimpunan yang pada saat itu ada dan rela meleburkan diri) dan bukan pula suatu usaha pihak Hirarki baik Indonesia maupun negara Eropa, melainkan suatu inisiatif bersama mahasiswa-mahasiswa kita sendiri yang terpencar di Eropa.

Logo, Semboyan, & Hymne

Magna dari Logo dan Semboyan KMKI serta Hymne

Logo KMKI terdiri dari kapal yang sedang berlayar dan dinaiki oleh tiga orang, dua laki-laki dan satu perempuan.

Logo ini sumber inspirasinya adalah kapal Petrus di danau Genesareth. Kapal yang sedang berlayar melambangkan gereja dan khusus bagi KMKI juga sebagai lambang perantauan. Unsur kekeluargaan dicerminkan oleh tiga awak kapal yang bekerjasama dan di KMKI diharapkan ada penengah jika ada dua pihak yang bertentangan.

"In principiis unitas, in dubiis libertas, in omnibus caritas"

Arti semboyan diatas adalah, "Dalam soal prinsip: persatuan, dalam hal-hal yang masih terbuka: kebebasan, dalam segala hal: cinta kasih."

Alumni

KMKI KONTAK Sebagai Ikatan Alumni KMKI

Alumni KMKI saat ini diwadahi oleh KONTAK. KONTAK adalah ikatan dari warga KMKI yang sudah selesai kuliah di Eropa. Nilai dari KONTAK adalah Kekeluargaan, Kekatolikan, Intelektualitas, Keterbukaan, Integritas, Komitmen dan Kepedulian Sosial. Visi KONTAK adalah untuk menjadi Wadah Alumni Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia se Eropa dalam mewujudkan suka cita dan harapan bagi warganya dan masyarakat.

Know More