Berlin Articles

Posts, News, and Articles from the Berlin Region

CITRAPATA BAHARU

Blog Single

ci-tra-pa-ta : Lembaran hidup

ba-ha-ru : Baru

Kedua kata yang menjadikan judul artikel ini berasal dari bahasa Sansekerta yang merupakan bahasa berpengaruh terhadap perkembangan bahasa Jawa kuno. Sebagaimana para pendeta Hindu pada abad ke-5 M membawa bahasa yang membuka lembaran baru bagi perkembangan bahasa dan budaya di Nusantara, begitu pun juga pengaruh ruangan baru di St. Augustinus bagi KMKI Berlin.

Mari kita kilas balik sejenak. Sudah hampir satu dekade KMKI Berlin melakukan aktivitas- aktivitasnya di ruangan KSG Berlin (Katholische Studierendengemeinde Edith-Stein Berlin). Namun, seiring berjalannya waktu, dengan bertambahnya jumlah warga KMKI Berlin dan semakin banyaknya aktivitas baik dari KMKI Berlin maupun KSG Berlin, pembagian waktu pemakaian ruangan pun menjadi suatu kendala. Banyak terima kasih kami ucapkan kepada KSG Berlin atas kesempatan yang diberikan untuk menggunakan ruangan tersebut.

Pada awal tahun 2018, Erzbistum Berlin memberikan ruangan kepada KSG Berlin yang pada akhirnya ruangan tersebut disepakati untuk digunakan oleh KMKI Berlin. Ruangan tersebut dahulu merupakan sebuah Kindergarten yang sekarang sudah direnovasi. Setahun kemudian, didapatlah lampu hijau untuk mulai mendesain interior dan juga mengisi furnitur untuk ruangan baru ini. Tugas ini pun diserahkan penuh kepada KMKI Berlin. Hal yang membuat kami sangat antusias adalah kantor untuk pamong rohani kami, Pater Paskalis, serta teras di dalam ruangan baru ini. Setelah pembangunan furnitur selesai, siaplah ruangan ini untuk digunakan oleh KMKI Berlin. Dibutuhkan sekitar dua hari kerja untuk menyelesaikan seluruh pembangunan furnitur. Sungguh pekerjaan yang melelahkan, namun semua kerja keras itu terbayar pada akhirnya.

Pada tanggal 25 Agustus 2019, kami sudah dapat mulai menggunakan ruangan baru. Sebelumnya, tanggal 10 Juli 2019, diadakan Einweihung untuk ruangan baru KMKI Berlin yang dihadari perwakilan Erzbistum Berlin, Heilige Familie Gemeinde Berlin, KSG Berlin dan tentunya KMKI Berlin. Acara dimulai dengan ritus pemberkatan lalu penyerahan simbolis kue berbentuk kunci dari Erzbistum Berlin kepada Koordinator KMKI Berlin dan KSG Berlin. Acara kemudian dilanjutkan dengan grillen dan makan-makan yang semuanya disiapkan bersama untuk merayakan hasil kerja keras selama setahun terakhir ini.

Untuk merayakan pemindahan lokasi KMKI Berlin, dimana hal ini merupakan sesuatu yang besar, diperlukan juga acara yang sepantar. Atas kerja keras tante-tante KMKI Berlin tercinta dan juga bantuan dari beberapa teman-temin KMKI Berlin, dimasaklah nasi tumpeng beserta sayur- sayur pelengkap. Tentunya bagian paling atas tumpeng diserahkan kepada pater Paskalis,pamong rohani kami.

Semoga dengan adanya ruangan ini, KMKI Berlin bisa lebih berperan aktif dalam kehidupan umat Katolik di Berlin dan lebih lagi menjadi suatu pemancar bagi kemuliaan Allah Bapa dalam lembaran hidupnya yang baru.

PK Berlin 2019-2020