BROT

Bimbingan Rohani Online

BROT MINGGU, 1 AGUSTUS 2021

Blog Single

Saudara saudari yang terkasih, berkah dalem,

Bacaan Injil hari ini, Tuhan Yesus berkisah tentang kerajaan Surga. Banyak hal yang ingin diutarakan oleh Tuhan Yesus tentang kerajaan surga, namun pada hari ini Tuhan Yesus berbicara tentang mutiara. Kerajaan surga itu bagaikan seorang pedagang yang mencari mutiara dan ketika pedagang itu sudah menemukan mutiara yang begitu indah, ia menjual seluruh hartanya untuk membeli mutiara itu.

Saudara-saudari, kita lalu bisa membayangkan, betapa indahnya mutiara itu, betapa membahagiakannya jika memiliki mutiara itu, sehingga apapun dikorbankan untuk mendaparkan mutiara yang indah dan membahagiakan. Nah pertanyaannya, bagi kita, bagi saya dan bagi anda, apakah mutiara dalam hidup kita ini? Hal ini bisa dilihat dari berbagai macam segi, misalnya seorang pelajar yang belajar dengan tekun siang malam, ia belajar demi memperoleh ilmu, lulus dengan baik, ia sadar betul bahwa mutiara yang harus dikejar mati-matian. Apalagi mengingat orang tuanya harus berkorban keuangan yang besar agar ia dapat studi.

Atau seorang karyawan yang sangat disiplin, sedemikian disiplin sehingga selama 20 tahun ia tidak pernah terlambat ke tempat kerjanya. Selain disiplin ia juga terkenal jujur dan pekerja keras. Dua contoh ini bisa memperlihatkan apa yang diperjuangkan. Itulah mutiara dalam hidupnya. Ada pula konsep-konsep mutiara ini, misalnya ada orang yang begitu peduli, entengan, mudah dimintai tolong karena dia punya kepedulian yang besar. Baginya kepedulian, dapat membantu orang lain, tentulah kebahagiannya, dapat menolong orang lain yang sedang kesusahan.

Lalu apakah mutiara dalam hidup kita ini? Hidup saya atau hidup anda? Apa yang kita kejar dalam hidup ini, mati-matian, karena kita tahu, ketika kita mendapatkan apa yang kita kerjakan itu, akan membahagiakan kita. Tidak hanya diri ini yang bahagia, tetapi banyak orang yang bahagia. Kita bayangkan jika pelajar itu lulus dengan nilai yang baik, tidak hanya orang itu atau pelajar itu yang berbahagia, tetapi keluarganya juga pasti bahagia, bangga. Inilah gambaran mutiara yang kita kejar.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah mutiara dalam hidup ini. Saudara-saudara, yang paling tinggi nilainya adalah bersyukur. Bersyukurlah senantiasa apapun yang terjadi, karena kerajaan surga itu sudah hadir di antara kita, hadir di tengah-tengah kita dan itu hanya bisa kita rasakan, kita nikmati, ketika kita dapat bersyukur kepada Tuhan, apapun yang terjadi. Bagaimana cara kita bersyukur? Banyak cara agar kita bisa bersyukur. Saudara- saudari, mari kita mohon rahmat dari Tuhan, agar kita menemukan mutiara dalam hidup ini dan kemudian mengejarnya mati-matian, demi kebahagiaan tidak hanya diri ini, tetapi untuk banyak orang, Amin.

Video Highlight

Berkah Dalem - Eps 685