MWD Articles

Posts, News, and Articles from the MWD Region

Warga of The Year 2018 : Awal Sebuah Tradisi?

Blog Single

Ibarat adukan semen, kualitas pasir sangat menentukan hasil akhir. Begitu pula dalam hal dinamika kegiatan KMKI Hessen, khususnya pada periode ini. Tidak butuh berpuluh-puluh proyek untuk membuktikan betapa pentingnya peran anggota dalam organisasi ini. Kenyataan tersebut menginspirasi para pengurus untuk menginisiasi suatu tradisi baru. 

Kenapa? Ide berikut muncul mengingat sederet kontribusi para anggota KMKI Hessen yang tanpa pamrih dan tak mengenal lelah membantu meringankan beban pengurus. Sebagai bentuk terimakasih, disusulkanlah beberapa calon untuk menerima sebuah gelar. Gelar ini diberi nama “Warga of the Year KMKI Hessen”. Dari nama tentu sangat mudah dimengerti makna disebaliknya, bukan? 

Kapan? Pemberian gelar ini diselipkan di sela-sela acara yang paling terdekat saat itu, yaitu Christmas Gathering, dimana warga berkumpul dan bermain games bersama dalam rangka merayakan suasana kemeriahan Natal. Setelah lelah bermain game dan puas mengisi perut, acara dilanjutkan dengan kegiatan tukar kado. Gabungan dari aspek kreatifitas dalam memilih kado dan ketulusan dalam memberi, nampaknya menjadi intro yang pas untuk mengumumkan suatu penghargaan untuk anggota rukun. Kebetulan acara ini digelar di ujung tahun 2018, sehingga cocok dengan nama gelar “Warga of the Year”. 

Lalu, Siapa? 

Dikarenakan banyaknya kombinasi yang memungkinkan, proses timbang-menimbang akhirnya berujung pada kesepakatan untuk memberikan gelar ini kepada 2 orang sekaligus. Selain frekuensi partisipasi dalam beberapa acara, pertimbangan yang digunakan juga adalah inisiatif dari individu tersebut sendiri. Sebab, berikut adalah hal yang patut diperjuangkan dalam mengembangkan sebuah organisasi, yaitu semangat, dedikasi, dan rasa kebersamaan. 

Waktu itu semua peserta duduk nyaman dengan sebuah kado di tangan masing-masing. Setelah terkejut dengan isi kado yang mereka dapatkan, keceriaan tertahan dengan suatu isyarat adanya hadiah tambahan untuk orang tertentu!? Hadiah lagi? Masih dengan nuansa humor karena variasi hadiah dari tukar kado, namun juga suasana yang penuh syukur, panitia memanggil dua orang ke depan. Dengan ini, Jeremy Mulyono (Jimmy) dan Christian Jose (Jose) resmi menjadi “Warga of the Year 2018”, selamat! 

 

Usai menggunakan kesempatan untuk menyampaikan speech, Jimmy dan Jose diberi hadiah berupa sepaket alat tulis lengkap dengan map dan college block, seperti yang biasa digunakan Student di Jerman. Hal yang tak diharapkan ini mengakhiri acara yang sangat seru waktu itu. Momen ini menggiring pembicaraan warga, bahwa tradisi ini harus berlanjut ke tahun-tahun berikutnya, sekaligus membuat mereka bertanya-tanya. Siapakah tokoh yang pantas menyandang gelar ini di kesempatan berikutnya? 

Penulis: Gabriel Bima Nusantara