Pusat Articles

Posts, News, and Articles from the Pusat Region

Seminar KMKI Berlin 2022

Blog Single

Setelah 3 tahun, KMKI Berlin kembali melaksanakan SEMBER ( Seminar Berlin ) pada tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 30.09 sampai 02.10 di DJH Kelbra . SEMBER ini kita mulai dengan acara kumpul bersama di KMKI Berlin, tepatnya di Dänenstr. 17-18. Kami melakukan doa bersama terlebih dahulu dan dilankjutkan -dengan perjalanan pada jam 18.30 CEST menggunakan bis ke DJH Kelbra. Kamipun tiba di DJH Kelbra pada sekitar jam 22.00 CEST dan disambut dengan teman teman kami yang sudah terlebih dahulu tiba di DJH Kelbra, Deva, Jose, Malvin .

Acara SEMBER kami dibuka dengan kata sambutan dari Pater Patris, lalu dilanjutkan dengan beristirahat dikarenakan perjalanan panjang yang harus kami lalui dari Berlin sampai ke lokasi tujuan. Kamipun dibagi bagi menjadi beberapa grup kecil untuk pembagian kamar tidur, sekitar 5 orang per kamar. Keesokan harinya pada jam 6.30 CEST, kami melaksanakan doa pagi. Setelah doa pagi kamipun melaksanakan senam pagi agar tubuh kami tetap segar dan bugar. Setelah berkeringat pada pagi hari, kamipun mandi. Setelah kami semua selesai mandi, kamipun menyantap sarapan pagi pada sekitar jam 8.00 CEST, kami menyantap roti – rotian, ham dan keju – kejuan. Setelah kami kenyang kami mendengarkan seminar tentang „KESEHATAN BERBASIS KOMUNITAS“, yang dibawakan oleh Rafaeliarnold P . kasman. Setelah sesi seminar selesai, kami bermain games selama 1 jam. Pada sekitar jam 12.00 CEST kamipun menyantap makan siang yang telah disediakan oleh DJH Kelbra. Setelah makan siang kamipun melanjutkan acara kami dengan sesi seminar lagi, dan setelah sesi seminar, kamipun bermain games lagi. Setelah kami bermain games, kami mendapatkan waktu free time sekitar 1 jam setengah. Setelah free time, kami melanjutkan acara kami dengan makan malam. Setelah kami kenyang, kami lanjutkan acara kami dengan malam kebersamaan, yaitu kami bernyanyi Bersama bermain tebak lagu. Setelah itu, kami melanjutkan acara kami dengan Indomieabend ( masak dan makan indomie Bersama) dan ditutup dengan renungan Doa, dan kamipun beristirahat.

Keesokan harinya, acara kami dimulai dengan doa pagi, senam, mandi, dan dilanjutkan dengan sarapan. Sekitar jam 9.00 CEST setelah sarapan, kamipun mendengarkan seminar sampai pada jam makan siang sekitar jam 12.00 CEST. Setelah kami kenyang, seharusnya kami berolahraga, tetapi karena hujan, acaranyapun dibatalkan dan digantikan dengan berbincang bersama. Setelah kami asik mengobrol, kami melaksanakan Misa Hari Minggu. Pada sekitar jam 18.00 CEST, kamipun melanjutkan acara kami dengan acara Grillen untuk menggantikan makan malam kami, di acara ini kami menyantap sosis dan daging yang telah dibakar oleh rekan – rekan kami. Setelah kami seru mengobrol dan menyantap makanan, kami melanjutkan acara kami dengan acara drama. Di acara ini, kami dibagi menjadi 3 kelompok, yang dimana per kelompok membuat 1 pentas drama dengan tema yang berbeda – beda. Setelah itu kamipun beristirahat. Keeseokan harinya, kamipun pulang pada jam 10.00 CEST, dan tiba di Berluin pada pukul jam 14.00 dengan selamat. Sekian rangkaian acara pada SEMBER tahun ini, sampai juga pada SEMBER tahun depan! Jangan lupa ikut ya!