Pusat Articles

Posts, News, and Articles from the Pusat Region

KMKI Meets KHG

Blog Single

Pada hari Minggu, 01 Mei 2022, KMKI Hessen bersama KHG Darmstadt (Katholische Hochschulgemeinde Darmstadt) mengadakan acara bersama di Clubraum milik KHG Darmstadt. Acara yang berjudul Begegnungsnachmittag Indonesien ini merupakan acara pertukaran kultur dan budaya, di mana para mahasiswa asal Indonesia memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan berbagi kultur dengan teman-teman kita di Jerman. KHG Darmstadt sendiri adalah organisasi pemuda katolik yang menjunjung internasionalitas, yang juga adalah partner kerja sama KMKI Hessen dari tahun ke tahun. Acara pada hari itu dihadiri oleh banyak orang dari berbagai macam latar belakang negara dan budaya yang berbeda-beda mulai dari Jerman, Siria, Kolombia dan tentunya Indonesia.

Acara berlangsung di bangku-bangku dan meja yang sudah ditata rapi di luar ruangan dengan dekor wayang yang unik serta dengan cuaca yang sejuk. Acara pun dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Anne-Madeleine Plum sebagai pimpinan KHG Darmstadt dan dilanjutkan dengan perkenalan organisasi KHG Darmstadt oleh Bapak Tobias Sattler. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan KMKI Hessen sebagai organisasi mahasiswa Katolik Indonesia di Jerman tepatnya Hessen dan tentu saja dilanjutkan dengan perkenalan Indonesia mulai dari tema yang umum seperti jumlah pulau, alat musik tradisional, serta makanan khas Indonesia. Sesi presentasi ditutup dengan tema terkait dengan fokus acara KHG Darmstadt semester ini, yaitu tentang kultur China.

Setelah selesai dengan presentasi dari masing-masing organisasi, tiba saatnya untuk acara yang lebih santai dengan tujuan untuk dapat mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Dalam aktivitas ice breaking, para peserta dibagi ke dalam kelompok secara acak dan memainkan permainan perkenalan. Setelah ice breaking selesai acara dilanjutkan dengan obrolan singkat dan sharing antar peserta mengenai perbedaan-perbedaan budaya di Indonesia dan di negara-negara lain, khususnya Jerman. Di sinilah para peserta bisa mengenal lebih dalam kebiasaan - kebiasaan dan perbedaan kehidupan sehari - hari seperti di sekolah, jenis makanan, cuaca, pakaian dan banyak hal menarik lainnya.

Setelah selesai sesi sharing singkat, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Rasanya kurang pas jika mempelajari suatu budaya tanpa merasakannya secara langsung. Maka dari itu tentu saja panitia sudah menyiapkan makanan khas Indonesia. Menu hari itu adalah nasi uduk, tempe orek, sop sayur, dan tentu saja rendang.

Acara ditutup dengan misa bersama di Gereja St. Ludwig dengan nyanyian-nyanyian Indonesia yang dibawakan oleh KMKI Hessen. Secara keseluruhan, acara ini mendapat respons positif baik dari para warga KMKI Hessen, KHG Darmstadt, dan umat Gereja St. Ludwig.