piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Brot Minggu 07.09.2014 - Hari Minggu Biasa ke-23 - Hari Minggu Kitab Suci Nasional: Tanggung Jawab Terhadap Kata-kata

brot logo v1

Bacaan Injil: Matius 18:15-20

[15] Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika dia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. [16] Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. [17] Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seoang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. [18] Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. [19] Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. [20] Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.

Kita tahu bahwa kata-kata manusia mempunyai kekuatan yang luar biasa terhadap lingkungan sekitarnya dan relasi dengan sesama manusia. Bila kita jeli meneliti kehidupan sehari-hari, kata-kata yang keluar dari mulut seseorang bisa mempengaruhi suasana hati orang lain pada hari itu. Saya yakin bahwa sebagian besar aspek kehidupan manusia disetir oleh dunia verbalnya, terutama verbal lisan.

Injil hari ini menawarkan kepada kita sebuah keutamaan yang berkaitan dengan dunia verbal. Demikian juga kedua bacaan lainnya, khususnya bacaan yang pertama. Untuk menegur atau menasihati orang lain, seseorang harus menggunakan sarana verbal. Melakukan teguran atau nasihat selalu berkaitan dengan relasi setidaknya orang yang menasihati dan yang dinasihati. Ini poin penting. Nasihat atau teguran tidak pernah bisa diberikan kepada seseorang apabila orang yang bersangkutan tidak berada di tempat atau absen. Bila itu terjadi, kita menyebutnya gosip.

Bacaan pertama juga menegaskan bagaimana setiap manusia bertanggung jawab terhadap saudaranya agar tidak berbuat salah. Lepas dari apapun hasilnya, gunakanlah kekuatan verbal untuk meluruskan jalan hidup sesat dari saudara atau saudarimu. Tanggung jawab seorang beriman ialah menegur, mengingatkan, bukan mengatur hidup orang lain. Tobat pada akhirnya sangat bergantung pada pribadi yang bersangkutan (selain tentu saja, rahmat Allah di dalamnya).

tumblr lhzwirjvAk1qee43f

Sumber: http://media.tumblr.com/tumblr_lhzwirjvAk1qee43f.jpg

Pada bulan September ini kita secara khusus memberi perhatian pada Sabda Allah. Oleh karenanya, bulan September sering disebut sebagai bulan Kitab Suci. Minggu ini kita rayakan pula Minggu Kitab Suci. Perhatian kepada Kitab Suci mengajak kita untuk memperhatikan aktivitas verbal kita. Verbal berasal dari kata verbum yang berarti kata, sabda. Pertanyaan yang seharusnya mengusik kita ialah, bagaimana kita memfungsikan kekuatan kata-kata kita (verbal)? Apakah kata-kata kita menjadi penyebar kebenaran dan kabar gembira sebagai turunan dari Sabda Allah ataukah menjadi sarana pembangun gosip yang menggilas orang lain tanpa pertanggungjawaban? Kata-kata, selepas dari lidah, tak akan bisa ditarik kembali. Mari selalu kita ingat itu!


Salam,

YB Rosaryanto O.S.C.
Via del Velabro 19
00186 Roma

Profil Penulis

pastur rosa
Pastur Yohanes Berchmans Rosaryanto O.S.C., lahir di Klaten, 11 Oktober 1968. Di samping pendidikan seminari, beliau mengambil kuliah jurusan Filsafat di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, dan juga pendidikan lanjutan Psychology di Ateneo De Manila Filipina. Dari tahun 2003-2010, beliau aktif sebagai formator para Frater di Bandung. Rutinas lainnya adalah bekerja di Pusat Kajian Humaniora Universitas Katolik Parahyangan Bandung tahun 2004-2010. Dan semenjak tahun 2011, beliau berdomisili di Roma, Italia, menjabat sebagai Secretary General Ordo Sanctae Crucis (Ordo Salib Suci).
An dieser Diskussion teilnehmen.
Bitte anmelden oder registrieren um an dieser Diskussion teilnehmen zu können.