piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Seminar KMKI Berlin 2004

Bukan lancang atau pun sok tahu, tanpa mengurangi rasa hormat, aku  melampirkan email yang  tercecer di inbox-ku. Email sederhana dari  seorang teman  untuk ?Win?  yang mengisahkan tentang hari2 indahnya di Seminar KMKI Berlin yang lalu. 

Hallo lagi Win!!! Apa kabar?!
Kemarin gwe baru aja balik dari seminar. Ternyata Nordenham gak sejauh yang gw kira. Letaknya sekitar 400 km dari Berlin. Kita berangkat hari Jumat dari Wohnheim Ostbahnhof, jam 09.30. Lo kan tau sendiri gereja kita baru pindah, terus buat bisa markirin bus dan ngangkutin anak-anak tuh susah banget. Jadinya semua perlengkapan seminar dititip sementara di Wohnheim terus sekalian jadi Treffpunkt kita tahun ini buat berangkat.

Sindo yang kali ini jadi Koordinator seminarnya bilang, ada kemungkinan buat bisa berenang nanti disana... cihuuyy!!! Gwe agak..hehe..hehe.. stress... beberapa minggu terakhir ini... Ikutan seminar kemaren lumayan bikin ati rada sejuk lagi..hehe..hehe.. Temanya lagi lumayan neh..?Pengendalian Diri dan Mengatasi Stress? Yang ikut banyak lho Win... ada Pater ?Yoseph? kita, 47 peserta dan 1 pembicara kita. Namanya Pater Ulin Agan Polykarp dari Freiburg.
Sampe di rumah seminar kita langsung Kaffeezeit!! Tapi gw gak ikutan, soalnya kita langsung ngetes lapangan bola aspalnya... lumayan kalo kebeset gak terlalu banyak darah... abis itu ada acara pendekatan.. hehe..hehhe.. banyak banget game nya!!! Pokoknya misinya nyari orang buat dihukum biar bisa ngilangin stress gara2 kelamaan duduk di bus?=P

Ibadat Jumat Agung nya sip banget Win!! Lo inget si Ferdinand yang waktu Seminar Pusat kemarin meranin tohoh ?Saddam?!?!? Yaaah, elo waktu itu gak ikutan juga seh yaa? hhmmmhhhmmm?.Ferdinand yang bikin dekor natal kita kemarin itu lho?!!! Nah, kali ini dia bikin lukisan Yesus baru bangkit dari kuburnya. Terus dibawa dan ditaroh di ruang doa kita di rumah seminar!! Ruang doa kita ada di Keller? hihi..hihi..kiri kanannya cuman ruangan tempat laba2 berkembang biak berisi kursi tua gak terawat? ibadat Jumat Agungnya jadi khusyuck dan serba angker!! =D
Malemnya gwe sempet main kartu sama terus selesai main, kita sempet ngobrol2. Ha..ha..ha.. banyak hal yang mustinya elo tau Win!! Minat denger??!! Punya telpon kan?!? Tapi kalo gak mao juga gak napa2 seeh... urusan cinta mana bisa seeh dipaksaaa... ^__^ Tadi siang gwe ketemu dia lagi di mensa?.huehuehue..huehuehue? terus?.yaaa?gitu deehh?.=>

Gwe gak sempet banyak ngobrol ama Pater Ulin. Yang pasti dia seorang pembicara yang kebapakan dan selalu obral gigi!! => Gak berasa seminarnya cepet banget lewat. Sempet 5 Watt juga seh waktu hari pertama dengerin Vortragnya. Tapi abis itu isi seminarnya mulai ?ngaco2 seru? hhmmm? banyak hikmah Win!!. Selama 4 hari kita seminar ada 4x session. Awalnya Pater Ulin ngebahas tentang teori dari Benjamin Franklin dan Lao Tze tentang bias-bias kesadaran yang penting buat ngebangun hidup supaya gak gampang dibawa arus zaman. Makanya kita perlu kesabaran dan pengendalian diri buat bisa ngatasin kecenderungan2 hidup yang negativ? Klo lo sempet, baca Gal 5:16-26?!!! Itu dijadiin salah satu dasar juga dalam seminar kita kemarin. Waah?. Si Hery ayam tuh ternyata religius banget!! diantara tumpukan baju dan celana renangnya dia jadi satu2nya peserta yang meluangkan sedikit tempat buat bawa Kitab Suci!! Terus secara gak langsung gwe juga jadi tau kelemahan2 diri yang selama ini cuman gwe kira ada di diri orang lain doank?!!!=P Pokoknya ternyata ada beberapa halangan utama yang menghalang pembentukan kepribadian khusus buat cewek dan khusus buat cowok. Memang seh sebenernya halangan2 kayak misalnya kelalaian, pasivitas, cepet dipengaruhin, kecemburuan, dll bisa terjadi pada siapa aja, dan semuanya tergantung pada tiap pribadai yang pada dasarnya berbeda-beda. Tapi dari hasil 3 kelompok diskusi cowok dan 2 kelompok diskusi cewek, toh akhirnya keliaatan juga?ada beberapa hal yang lebih didominasi cewek ato cowok. Kliatannya kita termasuk mahluk yang lalai Win!! Kita neh juga dianggep kurang bisa berkonsentrasi!! Hhmmm kalo ttg konsentrasi ada benernya juga seh? udah jadi bapak2 pun kita gak bakal bisa kayak ibu2, sambil nelpon bisa nonton telenovela, otaknya bisa ngerekam semua pembicaraan, sambil mondar-mandir masak, gendong2 anak lagiii!!! Hhmmm?mungkin itu bakat yang didukung kecekatan!!!

Terus tiap kelompok juga dikasih kesempatan buat nulisin keinginan anggota kelompok, ?seandainya saya diijinkan hidup sekali lagi?? Kalo boleh hidup sekali lagi ada yang mao jadi astronot, ada yang mao belajar banyak bahasa. Ada yang mao dilahirin jadi orang korea hhmmm ada juga yang mao lahir jadi Cinderella.... terus masih banyak lagi yang mao ini-itu..!!! Dari situ sadar gak sadar, kita pun akhirnya sadar, bahwa dalam hidup ini terlalu banyak hal yang telah berlalu, terlalu banyak hal yang menjadi cita2 kita dan terlalu banyak hal yang ada di luar jangkauan kita. Dan gak ada yang bisa muter balik waktu buat memperbaiki atau merubah keputusan di masa kemarin. Moga2 dari daftar keinginan2 tersebut, kita bisa ngerti alias tau diri!! siapa kita, bagaimana kita dan sanggupkah kita..?!?!? Tujuan akhirnya cuma supaya nggak berlebihan membebani diri sendiri dengan hal2 yang gak selayaknya dengan cara ngendaliin diri dan jadinya bebas dari stress!!!

Biasanya kalo seminar kita pasti buat acara puncak yang isinya tentang kreativitas olah tubuh para peserta huehuehue?huehue... Kali ini ternyata rada beda. Acara puncak itu muncul di tengah session. Dalam makalah Pater Ulin, ada 19 jenis tindakan yang bisa menjadi penunjang proses pendewasaan diri. Terus tiap kelompok musti mempresentasikan satu dari 19 jenis tindakan tersebut dan penonton musti nebak, inti apa yang dibawain oleh kelompok lain. Ada yang nyeritain tentang kisah kasih sepasang pejantan di sekolah, ada kelompok yang tampil tanpa suara apa2 cuman duduk, bisu!! Tapi ngeliatin muka mereka aja udah kayak nonton sirkus badut!! Ada juga yang bikin drama Aladdin yang ?Abu? nya kali ini bisa jadi Pangeran dan ?Jasmine? nya seorang putri yang bertubuh putra?=>. Terus muncul tokoh ?Rangga? yang menang lomba panco < bukan puisi> dalam cuplikan drama ?AADC?. Ada juga yang bikin cerita tentang siswa2 yang suka nyontek di kelas ? hhmmm? pa lagi yaaa?.ooo?. ada kisah yang nyeritain, bahwa cinta itu penuh cemburu, amarah dan makan banyak nyawaaa? ?cepph!!? itu bunyi yang di kelurin sama ?Kodok? waktu ngebunuh semua cowok yang dianggap saingannya? =P Hari itu cuma kita abisin buat main, makan dan ngetawain orang lain doaaankk? hari yang sangat bermutu!!!

Sorenya kita jalan2 di sepanjang ? perairan?hmmm?sungai?!!! Gwe gak tau deh itu namanya apaan. Pokoknya panjang dan gak nemuin ujungnya. Dan kita juga gak boleh nginjekin kaki ke sana. Apalagi buat boleh berenang!! Mubasir deh bawa seperangkat celana berenang!!! EEEEEEEEhhh Winn?. Foto2 pesenan lo, ADA SEMUA!!! Dari si ampe si kompliiiitt!! Eh tapi kalo yg dari panitia dibuat dalam bentuk CD. Ntar klo udah balik ke sini, lo cetak sendiri deh yaaaa? gwe pinjemin CD nya aja?.
Malamnya kita ngadain Misa Malam Paskah. Lukisan si ?Saddam? masih mejeng terus di ruang doa. Syahdu sekaligus meriah serta angker ... huehue..huehue..!! Pater Yoseph kita dan Pater Ulin mengolaborasikan diri buat mimpin misa. Eeh..eehh?akhirnya gwe terpaksa ngasih salam damai juga ke. Tau deh, gwe seh masih kesel banget ama dia!! Eneg ngeliatin tampangnyaa!!! Belagu!! Tapi gimana yaa? dia ngasih salam damai, masa gwe cuekin!!! gak enak ama yg laennn? tapi.. bodo lllaaahh...gwe masih kesel!! Gimana juga ulah dia di lapangan bola waktu agustuan kemaren gak bakal gwe lupa deehh.... salaman yaaa?salaman ?.. egaaaaaaaaall !!!

Selesai Misa, kita ngumpul di ruang seminar lagi buat minum ?Teh Paskah?. Dibuat dari macem2 rasa jenis teh... Biarpun gak bisa ditebak rasanya...tapi sangat isitimewa dann....seegggeeeerrr!!! Terus dilanjutin maen bareng2 lagii...

Modaaaarrr Win!!! Di hari ketiga kita dibangunin jam 7, setengah jam lebih awal dari biasanya. Kayak biasa, kita boleh sukarela buat ngikutin doa pagi. Lalu ada ?Sport tut KMKI gut??. aaaaaaaaaaa?.senam pagi di ruang seminar, terus dilanjutin keliling halaman, terus?maen sepak bola!! Parah banget maennya, soalnya ada cewek2 segala!!! Bikin penuh lapangan doank!!! =D Abis itu jam 8 waktunya olah raga rutin!! Goyang lidah dan senam perut!!! Sehaaattt dan mengenyangkan!!
Terus di sidang terakhir kita, Pater Ulin ngebawain Vortrag singkat tentang apa aja yang udah kita bicarain selama beberapa hari ini, sekaligus nambahin beberapa bahan baru, yang bisa nguatin apa yang udah dibahas.

Abis ?Goyang lidah dan Senam Perut? di siang hari, kita diajak ke daerah berpasir di deket rumah seminar. Sebenernya itu Spielplatz umum. Tapi siang itu di booking paksa ama Panitia buat dijadiin arena ?Takeshi Castle?. Anak2 kecil yang lagi main2 disitu dibujuk2 supaya mao stop bentar!! Udah disiapin 5 kelompok. Tiap kelompok bakal ngadepin rintangan yang sama. Terserah mao mulai dari rintangan yang mana aja. Sistem dasarnya cuman ngumpulin point yang diitung dari jumlah anggota yang selamat nyelesein per rintangan. Dan ada sistem korban. Jadi boleh ada anggota yang dijadiin korban, supaya temen2nya yang lain bisa ngelewatin rintangan. Sebelum maju ke medan tempur, tiap kelompok dikasih logo punggung dan rapot yang musti dibawa ke setiap penjaga pos, dan point nya bakal diisi panitia disana.

Di rintangan ?Jurang Keabadian? kita musti menuju satu titik lewat lompat dari satu lobang ke lobang yang lain...gak boleh nginjek pasir yang bukan lobang. Ternyata jarak lobangnya gak deket2 banget. Dan gwe dipaksa rela buat diinjek2 supaya yang lain bisa lewat!!! Waddooww parah banget Wiiinn!!! Mereka gak jadi nginjek2 gwe sehh...tapi ternyata semua pada merayap di atas gwe!! Laaaaaaaahhh...lamaaa banget lagi !!!
Ada jalur2 yang dibatesin pake ranting dan benang, dan kita semua musti nyampe ke satu titik lagi tanpa putus barisan ngerayapnya, dan gak boleh ngerusak jalur!!! Gelliii banget Winn!! Ada caciiingg!!! Terus cara keluar dari jalur itu musti mundur pulaa!! Soalnya semuanya buntu!! Mao cewek ato cowok, semuanya musti merayap!!!
Sebetulnya masih ada banyak rintang2an lainnya lagi? cuman gak bisa diceritain? karena?gwe lupa !!! Pokoknya terakhir, setiap ketua regu musti manjat piramid dari tali yang ada di sana. Di puncaknya ada bendera masing2 regu. Gak boleh salah ambil bendera!! Terus kalo udah dapet, musti secepatnya turun dan lari ke perosotan dan meluncur dari sana. naaah itu deehh garis finish nya!!!

Main2 di pasirnya terlalu ganas, sampe2 Kaffeezeit nya kebablasan!! Tapi untung juga seh, jadinya hari itu perut gwe punya sedikiiit rongga. Kalo kagak ntar bisa rebutan tempat lagi ama benda2 yang gwe telen waktu grillen..=P
Malamnya kita ngumpul nyanyi2 lagu yang kagak karuan nada dan liriknya disekeliling api unggun. Terus dilanjutin main Limbo?. Woowww?. Ternyata mininya lingkar perut gak jadi jaminan buat jadi Raja ato Ratu Limbo, Win!!! Ari dengan lingkar perutnya yang maxi, bisa nyaingin Alvy si perut triplex!! Rada heran juga seeehh...koq bisa yaaaaaaaaa.....!!! mungkin butuh bakat dan kecekatan ama banyaaakk keberanian!!

Malam terakhir gwe abisin maen billiard rame2. Cuma modal patungan 1 euro, kita bisa maen ampe pagi?tapi butuh sang ?kiper? buat nadahin bola, supaya bolanya gak nyelonong sia2!! Asyyyiikk kan?. Bolanya gak abis2!!!
Terus?..kayak hari2 sebelumnya? malem itu gwe ngobrol2 lagi sama. Sayang malem itu mata gwe gak cukup gagah lagi buat nemenin kuping yang sebenernya masih perkasa dengerin ocehan dia. Gak banyak seh info2 baru yang gwe dapet, tapi? ada segambreng info lama yang musti diperbaharui!!! ^__^

Teringat lantas usai berlalu..
Belum sempat banyak cakap dengan Sang Ratu,
Mulut waktu telah berseru,
Menjemput lamunan mengantar Sang Pilu.
Namun diyakini hanya satu,
Mulut waktu akan membantu,
mengikis hati yang bak batu,
menyambung cinta si sobat yang belum bersatu.
Hwe..hwe..hwe.. =P

Paginya kita ngadain evaluasi sama sekalian pamitan ama Hausmeister nya yang udah baek banget selama beberapa hari ini. Yang gak pernah ngeluh sama sekali meskipun kita maen basket pake bola billiard di dalam rumah, meskipun kita minta nambah isi panci tiap kali jam santap. Ternyata mereka memang bisa mengerti keadaan dan prinsip makan kita dalam suatu organisasi. Quantitas cerminan Qualitas!!! =D
Selesai pamitan kita keluar poto2!!! Kaaaann?gwe bilang juga apa Win!!! si noraaakkk banget!!!! Mo poto aja pake dorong2 segala... RESEEEE!!!!! Kacamata gwe kan ampe melorot ke tanah!! Kagak bilang maaap lagiii!! Idiiihhh malah sok senyum segala!! Gwe jadi gak enak ati buat ngamuk!!! Gwe gak ngelebih2in neehh!! Kesel bangettt!!!

Abis makan siang kita beres2 terus berangkat!! Kali ini kita mampir ke kota Bremen. Dikasih waktu 1,5 jam buat ngubek2 tuh kota yang tokonya lagi tutup semua. Wooww ? pokoknya semua yang gwe liat disana supeeer woooww!!! Terus lanjut deehh berangkat ke Berlin. Mungkin gara2 pegel keliling kota, kebanyakan pada tidur. Tapi setengah jalan kita mulai main2 lagi... hwehwhehwe?hwhehwhe?dari mainan ngasah otak, sampe mainan yang gak mutu udah kita mainin semuaaa?=D Hiiiaaaaaaaaa... kemarin tepat jam 21 sampe juga kita di Zoologischer Garten. Sebagian besar turun disana, sebagian kecil turun di Wohnheim Ostbahnhof sekalian nurunin barang2 seminar yang kebanyakan isinya indomie ama wurst doank...hwe..hwe...hwe... dan beberapa ikutan mas sopir lanjut, gaaakk tauuu deehh mereka turun dimanaa..!!!

Tadi siang gwe masuk analysis 3 ... yeeeeiii...gak ada siapa2!!! Salah jadwal kliatannya... = < trus ada Pr?fungseinsicht infet 2!! Haaaeeee.... repooot banget neeehh.... kurang 8 Punkte doank!!! Tegaaaa amaaatt seeehh!!! Gak tau orang lagi susaaah yaaa?!?!? Ke Wolfsburg nya musti gwe ulur. Sorrii Wiinnn...kalo udah rada tentereman gwe pasti maen2 kesana kooq!!! Doain Nachpr?fung gwe neh yaaaaaaaa!!!!!???
Udah ngapain aja praktikum lo?! Rame?! Ada siapa aja ?! jadi pindah ?!
Yak udah dulu deeeh, besok gwe musti Fr?hschicht neh? gak enak banget... !!!! tapi kalo gak dipaksain ... gak bisa bayar seminar taun depan deehhh?. Hwehwhehwhehweh..... buuuaaaiiibbbuuaaaiiii...........

Untuk menghindari kesalahpahaman, lampiran ini telah diolah kembali berdasarkan kenyataan dan sedikit impian..=P Semoga email tercecer dari seorang teman di Berlin ini bisa mewakili kisah kegembiraan kami di Berlin.
Atas keputusan yang hanya sepihak aku mohon maaf kepada si pengirim email tercecer ini. Harap maklum dan terimakasih atas pengertiannya.

Salam hangat persahabatan, Rizky Boentoro

An dieser Diskussion teilnehmen.
Bitte anmelden oder registrieren um an dieser Diskussion teilnehmen zu können.