piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Kebersamaan di Seminar KMKI MWD-Bayern 2014

Cuaca cerah dan sejuk di awal bulan Juni menemani teman-teman KMKI Regio Mittel-West Deutschland (MWD) dan Regio Bayern beraktivitas di Seminar Pflingsten 2014. Kali ini tema seminar yang diambil merupakan tema hangat yang sedang banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia: politik. Seminar diadakan di Feldberg, Schwarzwald, Jumat- Senin 6-9 Juni 2014. 

 

Seminar yang dibawakan oleh Romo Max Regus, Pr. mengantarkan pengetahuan mengenai dinamika politik di Indonesia semenjak Indonesia merdeka hingga ke era Reformasi selepas Orde Baru. Politik Indonesia merupakan sebuah hal kompleks yang didasarkan pada kemajemukan budaya dan agama masyarakatnya. Namun satu hal yang ditekankan: Indonesia didirikan oleh sekelompok cendikiawan, kelompok orang terdidik yang menyadari kemajemukan tersebut, sehingga lahirlah gagasan Bhinekka Tunggal Ika yang menjadi pengikat perbedaan menjadi sebuah kesatuan

Tema ini cukup mengena di pikiran para peserta seminar, sehingga slot waktu diskusi terasa begitu singkat karena begitu banyaknya pertanyaan dan tanggapan untuk disampaikan kepada Romo Max.

Sesi berikutnya adalah sesi diskusi dalam kelompok. Setiap kelompok berdisukusi dan memaparkan hasil pemikiran mereka mengenai topik multikulturalisme di Indonesia dan memberikan beberapa solusi untuk mencegah konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

Bagian serius memutar otak dan pikiran ditutup setelah selesainya presentasi kelompok. Acara selanjutnya adalah bersenang-senang di alam terbuka. Panitia acara, Nandha (Frankfurt) dan Fransiskus (Karlsruhe) telah menyiapkan permainan yang bertemakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk menguji kekompakkan dan kebersamaan kelompok. Cuaca yang begitu bersahabat dan pemandangan yang begitu indah di Feldberg menghidupkan suasana kebersamaan peserta.

Perayaan Misa Pentakosta pada hari Minggu, 8 Juli 2014 berlangsung khidmat. Dipimpin oleh Romo Sixtus Bere, Pr. dari M√ľnchen, peserta disegarkan kembali oleh pesan Romo dalam khotbahnya: dengan semangat Pentakosta kita dilimpahi curahan Roh Kudus, untuk berkarya dan melakukan yang terbaik dalam peran kita masing-masing di kehidupan sehari-hari.

Agenda berikutnya adalah Rapat Pleno KMKI Regio MWD dan pergantian kepengurusan. Di sinilah KMKI sebagai sebuah keluarga berbasiskan Ke-Katholik-an juga adalah sebuah wadah di mana para anggotanya dapat berlatih berorganisasi. Dalam Rapat Pleno ini terlihat bagaimana baik Panitia Kerja dan juga anggotanya aktif bertukar pikiran dan berdiskusi untuk memajukan dan menjadikan KMKI lebih baik. Terima kasih untuk Panitia Kerja 2013-2014 dan selamat bekerja untuk Panitia Kerja 2014-2015!

Tradisi acara puncak seminar KMKI adalah acara yang dipersembahkan oleh setiap kelompok. Kali ini tema yang diambil adalah kebudayaan Indonesia. Ada kelompok yang membawakan kebudayaan dalam hal permainan tradisional, tarian daerah, makanan khas Indonesia, dan juga alat music tradisional.

Empat hari  tiga malam bukan waktu yang lama untuk sebuah acara kebersamaan yang luar biasa ceria dan kompak. Tak terasa rangkaian acara seminar 2014 pun berakhir. Sampai jumpa di seminar 2015, teman-teman! ^^

 

Ditulis oleh: Fatmawati Santosa (Vava)

06 Juli 2014, Landau(Pfalz)

 

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.