piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Initiative Career Project Kmki-Kontak

Halo Teman-Teman Semuanya,

Wah, akhirnya launching juga proyek kejutan yang kita tunggu-tunggu sejak ultah emas kita yang ke-50! Mari kita sambut bersama "Initiative Career Project KMKI-KONTAK" yang didukung oleh banyak sekali oleh pihak yang terlibat baik yang tercantum namanya maupun yang tidak tercantum namanya. 

Akhir kata, saya sebagai perwakilan seksi sibuknya ^_^ Mengucapkan selamat menyaksikan dan menikmati bersama..! 

Initiative Career Project berupa PDF File bisa dibaca di sini.

Pertama-tama kami mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang telah memberi umur panjang kepada Keluarga Mahasiswa Katholik Indonesia kami yang tercinta ini. Berkat kasih karunia-Nya, kami semua diberi kekuatan untuk menjalankan kesinambungan kekeluargaan kami dari dahulu hingga sekarang yang di mana kami akan bersama-sama merayakan ulang tahun emas yang ke-50 di bulan Januari 2012 nanti.

Rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kami berikan kepada beberapa rekan-rekan KONTAK di tanah air yang di mana secara inisiatif menawarkan program kerjasama dalam bidang karir. Khususnya juga kepada Bapak Bobby Fajar Budiarto yang telah banyak berkorban sebagai ketua KONTAK. Semoga kesempatan yang diberikan kepada kami ini dapat menjadi suatu batu pijakan untuk kami melangkah dengan sepenuh hati dalam mempersiapkan dan menyambut hari ulang tahun emas KMKI yang ke-50 nanti.

Dengan program ini diharapkan pula dihidupkan kembali semangat para pionir pendiri keluarga kita almarhum Romo Yusuf Bilyarta Mangunwijaya bersama rekan-rekan lain. Semoga baik dalam program ini maupun dalam program-program KMKI ke depannya selalu dibimbing oleh semangat mereka yang tertulis dan tersirat secara utuh dan lengkap di buku Orientasi 3 kita.

Akhir kata semoga Allah Roh Kudus selalu menyertai dan membimbing kita khususnya dalam pelaksanaan program karir ini.

In principiis unitas, in dubiis libertas, in omnibus caritas
Jerman, 14 Oktober 2011



Motivation

Pada prinsipnya beberapa rekan alumni KMKI yang telah berkarir dan sukses di Indonesia menawarkan kesempatan kepada kita semua untuk bergabung bersama mereka dalam berkarir di Indonesia. Dengan kemajuan ekonomi Asia yang sangat pesat baik di periode belakangan ini maupun di masa mendatang, program yang diberikan merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kita semua yang ingin mengabdi dengan tulus hati dan meraih sukses di tanah air kita.

„Indonesia is the next big growth story in Asia, after China and India“ – Economist for Standard Chartered Bank, Barrons Financial Investment News.

Dengan politik yang sudah jauh lebih stabil dibanding dengan beberapa dekade lalu, terlihat dari kebebasan demokratis yang sangat jauh membaik dan kesadaran rakyat yang cukup tinggi akan dampak korupsi dan kegiatan extrimistis terbuka peluang dan ruang gerak bagi para investor dan perusahaan. Baik dari pihak dalam negeri maupun pihak asing berlomba-lomba untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi di Indonesia kita yang sangat kaya akan sumber daya alam dan kaya akan budaya asli Indonesia yang positif.

„Mit Eigeninitiative zum Ziel“ - Frankfurter Allgemeine Zeitung.

„Bahwasanya masalah hukum, pemerintah yang belum rapih dan peraturan serta infra struktur yang tidak bagus masih menjadi isu besar. Itu juga harus diakui, namun itu tantangan dan kesempatannya.“ – Bpk. Hadi Kasim, Director of Triputra Group.

Selayaknya kemerdekaan Indonesia yang terbentuk oleh inisiatif Bung Karno dan para rekan-rekan pelopor yang telah membuahkan tanah air untuk kita dapat berpijak dan yang sampai saat ini telah berhasil masuk ke dalam kelompok 20 negara ekonomi utama dunia, begitu pula kita para „Akademiker“ selayaknya mampu secara inisiatif melihat situasi kondusif dan memanfaatkan kesempatan emas yang diberikan oleh para alumni KMKI dengan mengesampingkan ketidaknyamanan semu yang ada dalam membangun tanah air kita tercinta.

„Diperkirakan Indonesia akan masuk nomor 12 terbesar di dunia sekitar 6 sampai 7 tahun lagi. Dengan tingkat pertumbuhan seperti itu kebutuhan tenaga kerja yang berkelas akan luar biasa dan mencari tenaga kerja yang berkelas itu sulit sekali. Artinya kesempatan untuk sukses besar.“ – Bpk. Hadi Kasim, Director of Triputra Group.


How the System Works

„Don’t judge a book by its cover“ – We shouldn’t prejudge the worth or value of something by its outward appereance alone.

Meskipun pada akhirnya adalah kemauan dan keputusan, baik dari kita maupun dari pihak alumni apakah kita akan berkarya bersama mereka, kita tetap diajak untuk melakukan kunjungan bertujuan untuk studi banding di perusahaan-perusahaan mereka (misal: saat liburan di Indonesia). Studi banding ini juga disarankan dilakukan dari jauh-jauh hari, bahkan kalau bisa bagi teman-teman yang belum sampai di Jerman dan bergabung dalam KMKI. Agar dari dini hari dipersiapkan kejelasannya untuk mengambil jurusan kuliah yang tepat pada sasaran karena telah mengenal problematika yang ada di tanah air.

how the system works

Berjalannya sistem ini dibagi menjadi 4 tahap waktu, yakni bagi kita yang belum kuliah sampai kita yang telah lulus yang mungkin selama ini telah menunggu-nunggu kesempatan emas seperti ini. Berikut beberapa aktifitas yang mungkin dalam pelaksanaan program ini:

Sebelum Kuliah

Tahap Awal Kuliah

Tahap Akhir Kuliah

Telah Selesai Kuliah

Kunjungan Perusahaan (Exkursion)

Kunjungan Perusahaan (Exkursion)

Kunjungan Perusahaan (Exkursion)

Kunjungan Perusahaan (Exkursion)

Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Praktikum/Internship

Praktikum/Internship

Lamaran Pekerjaan

 

Memilih Mata Pelajaran yang Tepat

Lamaran Pekerjaan

 

 

Aktif di KMKI

Memilih Abschlussarbeiten yang Tepat

 

 

 

Aktif di KMKI

 

 


Company Profile

Triputra Group

Merupakan salah satu corporate terbesar di Indonesia menduduki ranking 10 di tahun 2009. Didirikan oleh T.P. Rachmat, former President Director of PT Astra International Tbk.

triputra

Triputra Group dipimpin oleh senior KMKI kita Bpk Hadi Kasim yg menjabat sebagai CEO di perusahaan multi bisnis yang memiliki 12 main business cores:

  1. Adhesive and chemical manufacturing
  2. Authorized motorcycle main dealership
    • PT Daya Adira Mustika memenangkan “The Best National Parts Main Dealer Award” dari PT Astra Honda Motor.
  3. Automotive components manufacturing
  4. Automotive parts retailer
  5. Coal mining
    • PT Adaro sebagai produsen thermal coal kedua terbesar di Indonesia. Indonesia sebagai exportir batu bara nomor 1 dunia.
  6. Garment manufacturing
  7. Integrated logistics services
  8. Micro-financing
  9. Motorcycle unit and spare parts retailer
  10. Plantation and processing of palm and rubber
    • Triputra Agro Persada Group sebagai salah satu produsen 10 terbesar crude palm oil di Indonesia. Indonesia sebagai produsen CPO nomor 1 di dunia.
    • Kirana Megatara sebagai perusahaan crumb rubber processor dan exporter terbesar di Indonesia dan mungkin kedua di dunia.
  11. Transportation services
  12. Wheel rim manufacturing

PT Adaro Energy

Adaro Energy adalah produsen batubara thermal kedua terbesar di Indonesia, yang mengoperasikan tambang batubara tunggal terbesar di Indonesia, selain itu juga merupakan pemasok penting ke pasar batubara thermal di dunia.

adaro

Adaro Energy didirikan dengan nama PT Padang Karunia, perusahaan terbatas yang didirikan di Indonesia pada tahun 2004. Pada tanggal 18 April 2008, Padang Karunia berubah menjadi PT Adaro Energy Tbk, sebagai persiapan untuk menjadi perusahaan go public. Visi dari Adaro Energy adalah untuk menjadi perusahaan tambang batubara dan energi terintegrasi terbesar dan paling efisien di Asia Tenggara.

Salah satu senior kita Bpk Adrian Lembong adalah salah satu petinggi yg memegang peran penting di perusahaan raksasa ini. Adaro Energy memiliki banyak anak-anak perusahaan yang bergerak dalam pertambangan dan perdagangan batubara, infrastruktur dan logistik batubara, dan kontraktor pertambangan. Di masa depan, Adaro Energy akan menjadikan anak-anak perusahaan sebagai perusahaan go public untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang lebih jauh.

PT Bumi Cahaya Unggul

Perusahaan yang bergerak di bidang pompa ini dirintis dan didirikan sendiri oleh senior KMKI kita Bpk. Ryandi Irawan dari nol, beliau sempat aktif di KMKI di periode 1971-1975. PT Bumi Cahaya Unggul menawarkan produk-produk pompa yang sudah sangat terkenal dan juga service berupa maintanance, overhaul, training, dsb.

bumi cahaya unggul

Berikut lingkup sektor PT Bumi Cahaya Unggul:

  • Power Generation   
  • Refinery
  • Oil & Gas   
  • Pulp & Paper
  • Petrochemical   
  • Rayon & Textile
  • Chemical   
  • Steel Industries
  • Building   
  • Air Separation
  • Marine   
  • Agro Industries
  • Mining   
  • Cement
  • Water Supply   
  • Sugar
  • Sewage Treatment   
  • Wood, etc.
  • Food & Beverages

Multico Group

Multico Group dipimpin oleh senior alumni KMKI kita Bapak Pepen H. Danuatmadja dan didirikan tahun 1973 di Singapura aktif mengembangkan bisnis sebagai distributor various equipments dan components (from various countries) yg digunakan di sektor Construction, Manufacturing, Marine, Oil and Gas, Agro, Clean Energy and Energy Saving dan Telecommunication. Subsidiaries ada di 9 negara: Indonesia, Malaysia, Philippines, Taiwan, Thailand, Myanmar, Cambodia, Vietnam dan Singapura.

multico

Core Busineess:

  • Marketing and logistics services
  • Equipment distributor
  • Engines and Gensets distribution
  • Engine repair and overhaul services
  • Supply of genuine and OEM spare parts for heavy equipments and engines
  • Full range of shipping and warehousing facilities
  • Project specific sourcing and procurement

Why Us?

Seperti yang dikatakan oleh Bpk. Hadi Kasim, Director of Triputra Group, peluang untuk sukses di Indonesia adalah besar bagi tenaga kerja berkelas. Statement beliau ini pula telah dibuktikan sendiri oleh para alumni KMKI yang sudah berkarya di tanah air.

Exponential vs Linear Growth

„Dengan pertumbuhan pesat perusahaan yang bukan hanya ke atas, melainkan juga ke samping, salary 3 digit dalam satuan juta rupiah selama 10 tahun pertama sudahlah pasti.“
– Bpk. Adrian lembong, Director of PT Adaro Energy Tbk.

„Semua ada prosesnya, jangan sampai kita terjebak mau instant saja.“
„Banyak pemilik bisnis besar yang hancur bisnisnya di generasi ke dua, karena generasi berikutnya langsung dijadikan pimpinan, tidak bekerja mulai dari bawah.“
Bpk. Hadi Kasim, Director of Triputra Group.

Sudah selayaknya kita sebagai „Akademiker“ mengetahui bahwa hasil yang cemerlang hanya dapat diraih oleh penempuhan proses dengan cemerlang pula.

Kuliah di Jerman sebagai penempaan Hardskill dan Softskill yang luar biasa.

Standard kualitas pendidikan di Jerman yang sangat tinggi dan lingkungan hidup yang mau tidak mau mengupas diri kita sehingga membuahkan Softskill pribadi yang cemerlang (perbedaan budaya, baik budaya Jerman maupun internasional) merupakan suatu medium pemrosesan untuk kita menjadi tenaga kerja yang berkelas.

KMKI sebagai wadah organisasi yang terpercaya: “Karena pada akhirnya seorang pemimpin yang berkelas adalah seseorang yang dapat bekerja dalam tim dan memotivasi timnya.“
- Bpk. Adrian lembong, Director of PT Adaro Energy Tbk, pendiri rukun KMKI Karlsruhe.

Dengan pengalaman para alumni berorganisasi di KMKI yang selama ini dibimbing baik dari segi ekonomi maupun dari segi pengetahuan oleh KAAD, kita dipercaya telah melatih diri dengan baik dari segi organisasi dan sosial di KMKI.


Penutup

„In omnibus caritas“ – Dalam segala hal: cinta kasih, salah satu semboyan KMKI.

„Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.“ - 1Kor 13:2.

Marilah dalam pelaksanaan program ini, meskipun segala hal terlihat sekular dan duniawi, kita masih dapat memegang teguh cinta kasih sebagai batu penjuru hidup kita di dunia ini dalam menempuh tantangan yang ada sehingga kita dapat „Senantiasa turut bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kemakmuran masyarakat pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.“ – Salah satu tujuan intern jauh KMKI.

„I have found the paradox, that if you love until it hurts, there can be no more hurt, only more love.“ – Our blessed Mother Theresa.

Semoga cinta yang kita berikan kepada negara dan sesama melebihi dari ketidaknyamanan yang semu sehingga berbuah dengan semestinya, God Bless our KMKI.


Contact Person

Jadi tunggu apa lagi teman-teman KMKI semuanya! Mari kita manfaatkan kesempatan emas yang telah diberikan oleh Tuhan dan oleh karena kasih-Nya melalui senior-senior KMKI kita. Pergunakanlah kesempatan ini untuk dapat memperlajari karir kita di masa depan dan tentu saja berlibur ke Indonesia akan jauh lebih bermutu dan menjalin ikatan yang lebih erat dengan kakak-kakak senior kita semua. Patutlah juga kita bersyukur kepada Tuhan karena begitu banyak saudara-saudari kita di Indonesia yang ingin bertemu dengan mereka, namun dengan tangan terbuka kita disambut oleh para senior kita. KMKI, nyalakan terus api persaudaraan & saling bantu dalam persaudaraan.. God bless us & KMKI!

opportunity

Untuk Informasi

Untuk Pendaftaran

Frans Mandeko

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ibu Grace Mengko
Bpk. Adrian Lembong


Sources

http://www.g20.org – Indonesia dalam kelompok 20 negara ekonomi utama di dunia.

http://online.barrons.com/article/SB50001424052970203989704575532250934303576.html - Is Indonesia the New China?

http://www.destatis.de/jetspeed/portal/cms/Sites/destatis/Internet/DE/Content/Publikationen/STATmagazin/Aussenhandel/2008__7/2008__7HandelChina,templateId=renderPrint.psml – Trend China untuk memproduksi barang yang lebih bernilai tinggi.

http://www.faz.net/artikel/C31325/indonesien-kampf-gegen-die-kaeuflichkeit-30490743.html - , Mit Eigeninitiative zum Ziel, Alte Tradition und neue Freiheit.

http://www1.kompas.com/seremonia/read/23/yayasan.pelayanan.kasih.a..a.rachmat.berikan.perhatian.pada.penderita.hemodialisis. - Additional information about Triputra Group.

http://www1.kompas.com/seremonia/read/1001/triputra.group.gelar.triputra.improvement.forum.ke-5 - Additional information about Triputra Group.

http://www.indexmundi.com/agriculture/?commodity=palm-oil&;graph=production – Palm Oil Production by Country

http://www.marston.com/Portals/0/MARSTON_Review_of_Indonesian_Thermal_Coal_Industry.pdf - Thermal Coal PT Adaro, company.

http://www.triputragrooup.com – Triputra Group Corporate & sumber foto company profile.

http://www.bumicahayaunggul.com – PT Bumi Cahaya Unggul

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.