piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Tentang KMKI

KMKI, singkatan dari Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia, adalah suatu organisasi dari dan untuk mahasiswa/i Indonesia di Jerman yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan dan kekatolikan. Keorganisasian KMKI secara garis besar diatur dalam Orientasi KMKI, pelaksanaannya didasarkan atas musyawarah dan mufakat antara sesama warga dan pengurus.

Kewargaan KMKI bersifat terbuka dan mengandung unsur-unsur pengakuan diri dan pengakuan dari warga lain, serta adanya pendataan diri pada sekretaris regio. KMKI juga terbuka bagi umat agama lain, karena KMKI bukanlah suatu organisasi keagamaan, melainkan organisasi yang bernafaskan kekatolikan.

KMKI Jerman, yang diurus dan diwakili oleh panitia kerja (PK) Pusat, terdiri atas beberapa regio dengan otonom sendiri (masing-masing regio memiliki pk regio sendiri). Keempat regio KMKI Jerman adalah regio Nord, regio Berlin, regio MWD (Mitte West Deutschland) dan regio Bayern. Masing-masing regio terdiri dari beberapa rukun, yaitu suatu kota atau gabungan kota dengan jumlah student Indonesia yang cukup banyak, dan Kontakadresse. Perkecualian dalam hal ini adalah regio Berlin yang tak terbagi lagi atas rukun dan Kontakadresse, dikarenakan Berlin merupakan kota yang memiliki mahasiswa/i Indonesia dalam jumlah yang sangat besar.

Kegiatan KMKI berupa:

  • kegiatan rohani: perayaan misa bersama, doa rosario, dsb
  • kegiatan informatif: seminar, Info-Abend (Informasi mengenai berbagai macam jurusan universitas di Jerman), forum diskusi, dsb
  • kegiatan sosial, rekreasi dan olah raga.


Kegiatan KMKI berbeda-beda dari rukun ke rukun dan tergantung dari minat warga masing-masing. Kegiatan rutin di tingkat regional dan pusat berupa temu tahunan, yaitu seminar, yang diadakan setahun sekali, suatu kesempatan bagi warga-warga KMKI dari berbagai kota untuk bertemu.
Sarana informasi dan komunikasi yang lain adalah majalah-majalah yang diterbitkan oleh KMKI regional dan Buletin KMKI yang diterbitkan oleh KMKI Pusat.
Berbagai kegiatan KMKI dalam tingkat regional dan pusat dibiayai oleh KAAD (Katholischer Akademischer Ausl?nder Dienst). Untuk kegiatan-kegiatan di tingkat rukun, warga rukun harus mencari dana sendiri. Ini seringkali berupa sumbangan atau kolekte dari warga KMKI sendiri.

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.