piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Lahirnya KMKI

Meskipun masa-masa persiapan yang menjangkau jauh di waktu lampau yang tidak kecil artinya tidak boleh dilupakan, secara nyata dapat ditunjuk jam 00.00 tanggal 1 Januari 1962 sebagai detik kelahiran KMKI. Antara tanggal 26.12.61 sampai 1.1.62 untuk pertama kalinya sejumlah lebih kurang 50 mahasiswa katolik Indonesia dari Austria, Belgia, Jerman, Italia dan Nederland mengadakan pertemuan bersama di SchloƟ Ising am Chiemsee, Jerman Barat.

Dalam pertemuan tersebut telah dicetuskan kebulatan tekad untuk mengadakan kekeluargaan antar mahasiswa katolik Indonesia di Eropa dengan menamakan diri: Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia atau disingkat KMKI.

Baik dicatat bahwa kelahiran KMKI ini bukan suatu usaha pengurus IMKI (Ikatan Mahasiswa Katolik Indonesia; berdiri sejak 1951, di Nederland, suatu perhimpunan yang pada saat itu ada dan rela meleburkan diri) dan bukan pula suatu usaha pihak Hirarki baik Indonesia maupun negara Eropa, melainkan suatu inisiatif bersama mahasiswa-mahasiswa kita sendiri yang terpencar di Eropa.

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.