piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Persiapan

Persiapan Bahasa

Hampir semua Universitas di Jerman menggunakan bahasa pengantar pengajaran Jerman, oleh karena itu persiapan bahasa di Jerman dari Indonesia sangat disarankan. Karena bahasa Jerman bukanlah bahasa yang mudah dipelajari, persiapan bahasa Jerman sebaiknya dimulai sedini mungkin.

Sebagian besar Perguruan Tinggi di Jerman mempunyai persyaratan kemampuan bahasa minimum sampai mempunyai ijazah ZD untuk mendaftar ke Studienkolleg.

Kemungkinan studi bahasa di Jerman.
Terdapat juga kemungkinan untuk memulai belajar bahasa di negara Jerman dengan mengambil kelas intensif di berbagai jenis sekolah bahasa di Jerman. Belajar bahasa Jerman dengan cara ini mempunyai keuntungan proses belajar bahasa Jerman akan sangat pesat dan baik, tapi dengan kerugian memakan biaya yang relatif banyak Cth:

  • Goethe Institut atau sekolah bahasa lain Jerman : Per bulan 750,- ?
  • Volkshochschule di Jerman : Per bulan 120,- ?

Perhatian: Pada saat Anda melamar Visa, jangan melamar Visa untuk mengikuti kursus bahasa, melainkan visa lamaran studi atau visa studi. Jika Anda melamar visa untuk mengikuti kursus bahasa, Anda harus kembali ke Indonesia dan mengajukan visa studi kembali untuk melanjutkan studi di Jerman. Visa untuk kursus bahasa tidak dapat dikonversi di Jerman menjadi visa studi atau visa lamaran studi!


Akomodasi

Yang menjadi masalah pertama bagi pelajar-pelajar baru yang datang ke Jerman adalah tempat tinggal. Tempat tinggal di Jerman tidak terlalu mudah didapat karena banyaknya peminat terutama pada awal-awal semester.

Pemerintah Jerman telah membentuk suatu organisasi untuk membantu para pelajar baik pelajar Jerman maupun pelajar asing untuk mendapatkan akomodasi dan fasilitas-fasilitas bagi para mahasiswa yang dinamakan Studentenwerk. Anda juga dapat mendaftar dari Indonesia untuk mendapatkan sebuah kamar pribadi yang cukup sepandan di Studentenwerk. Karena jumlah kamar yang terbatas, sebaiknya Anda mendaftar minimum 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Informasi lebih lanjut tentang Studenwerk : http://www.studentenwerke.de/ (Bahasa Jerman)

Kemungkinan lain yang dapat dilakukan calon pelajar adalah mengontak panitia kerja KMKI yang letaknya dekat dengan calon universitas/FH. Dengan begitu, permintaan akan lebih mudah untuk diteruskan kepada teman-teman Indonesia yang sudah di Jerman.

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.