piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

The Curious Incident of The Dog At Night Time

Christopher Boone yang adalah seorang remaja genius dapat mengingat semua negara didunia beserta ibukota mereka dan dapat mennyebutkan setiap bilangan prima sampai 7,057.

 

Judul : The Curious Incident of the Dog in the Night-Time

Pengarang : Mark Haddon

Tahun Terbit : 2004

Bahasa : Inggris

Harga : 8,30 Euro (source Amazon.com)

Kisah ini menceritakan Christopher Boone yang adalah seorang remaja genius penggemar Sherlock Holmes yang mempunyai photographic memory, sangat berbakat dibidang matematik dan fisika. Boone dapat mengingat semua negara didunia beserta ibukota mereka dan dapat mennyebutkan setiap bilangan prima sampai 7,057. Dibalik semua itu Boone adalah remaja yang menderita autisme ringan (sulit membedakan dunia nyata dan pikirannya sendiri) akibatnya dia tidak dapat bersosialisasi dengan baik. Berbohong, menceritakan jokes, mengerti emosi orang lingkungan sekitarnya adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dimengerti baginya, tapi semua itu tidak menjadi masalah yang berarti didalam hidup sederhana remaja berusia 15 tahun ini ,sampai suatu malam anjing Poddle tetangganya yang bernama Wellington diketemukan terbunuh dengan sebuah garpu taman. Christopher memutuskan untuk menyelidiki dan menuangkan semua hasil penyelidikannya dalam sebuah buku detektif a la Sherlock Holmes.

Novel literatur debut pertama Mark Haddon ini dibuat sangat apik dengan pemilihan kata yang sangat sederhana. Dibumbui oleh banyak ilustrasi dan problem matematik menjadikan buku ini sangat layak untuk dibaca.

Sudut pandang seorang remaja autisme yang polos, jujur dan kadang menggelitik membawa para pembaca novel ini kesebuah dunia dimana kebohongan ,metafora basa basi dan kepekaan terhadap lingkungan adalah kehampaan.

Dalam kesehariannya Mark Haddon adalah seorang penulis buku anak yang sering berkerja dengan anak-anak yang autisme.

Berikut adalah sedikit interview Mark Haddon mengenai buku ini oleh www.Powell.com ?Satu hal yang saya suka tentang buku ,jikalau saya boleh mengatakan sesuatu tentang buku saya, adalah hal yang saya sadari sejak dulu yaitu : Buku mempunyai permukaan yang sederhana , tapi ada banyak lapisan ironi dan paradoks dibalik semua itu. Buku ini adalah sebuah karya fiksi mengenai seseorang yang selalu berkata sebenarnya ,dia tidak bisa berbohong tapi dia selalu salah mengerjakan sesuatu?

Novel ini cukup sukses selain sebagai bestseller di Inggris buku ini juga mendapatkan penghargaan Whitbread novel award dari kalangan literatur Inggris. Akhir kata buku ini sangat layak dibaca, karena selain menghibur ringan dikantong (kenyataannya bukunya ringan) memang juga ringan dikantong( harganya tidak terlalu mahal).

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.