piwik analytics

Google+ Twitter Facebook YouTube News Feed Mailing List

Membuat Tautan (links)

Kadang-kadang dalam artikel kita, kita suka pengen membuat tautan (links) ke halaman lain, ke web lain, ke sebuah file atau data, ke kontak formular dan lain-lain. Disini kita akan ngebahas gimana caranya membuat tautan tersebut dalam artikel kmki.

Untuk membuat tautan dalam artikel tentunya account kalian harus bisa menulis artikel dulu. Bagaimana menulis artikel bisa dibaca di artikel sebelumnya tentang menulis artikel.

Sebelum kalian membuat tautan, kalian harus menandai dulu teks mana yang ingin kalian jadikan tautan.

tandain teks

Setelah kalian menandai teks yang mau kalian jadikan tautan, klik tombol rantai.

rantai

Setelah tombol tersebut di klik maka akan muncul dialog untuk membuat tautan. Mulai dari sini kita bisa memiliki beberapa kemungkinan membuat tautan.

Tautan Keluar

Kita bisa membuat tautan ke halaman diluar kmki.net . Untuk membuat tautan (links) ke halaman luar, masukkan alamat URL lengkapnya ke kolom text berjudul "URL". misalnya http://www.website-menarik.com/alamat/tautan.html

tautan luar

 

Tautan Data/File

Kalian bisa membuat tautan / links ke sebuah data seperti pdf, word atau sejenisnya. Untuk itu kita bisa mengklik tombol "browse" disebelah kanan kolom teks "URL".

tombol browse

Setelah menekan tombol ini maka kalian akan disuguhkan dengan dialog File Browser. Dalam dialog ini kalian bisa mengupload file pdf atau word kalian untuk dijadikan tautan dalam artikel.

Perhatikan!! Aturan meletakkan dan penamaan folder dan/atau file sama dengan meletakkan gambar. Aturan ini bisa dibaca dengan lengkap di tutorial menulis artikel!!!

file browser

 

Tautan E-Mail

Kalian juga bisa membuat tautan / links untuk mengirim E-Mail. Untuk itu kalian bisa klik tombol "E-Mail"  disebelah kanan tombol "browse".

tombol email

Setelah menekan tombol ini kalian akan disuguhkan dengan dialog E-Mail. Disini kalian bisa mencantumkan alamat email yang ingin kalian jadikan tautan untuk mengirim email.

email dialog

 

Tautan Contact Form

Kalian bisa membuat tautan ke kontak formulir para pengguna / user kmki.net . Kadang ini praktis sekali apabila kalian tidak ingin mempublikasikan email asli dalam artikel. Untuk itu kalian bisa memilih user kmki.net dengan menekan tombol "Contacts" di kolom "Link Browser".

contact form

 

Tautan Internal

Kalian juga bisa membuat tautan internal ke artikel atau menu di kmki.net. Untuk artikel kalian tinggal klik tombol "content" dan memilih artikel yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategorinya. Untuk tautan ke menu, maka kalian tinggal klik tombol "menu" dan memilih halaman menu yang ingin kalian tautkan.

menu content

 

Selamat Menulis

 

Tim Publikasi

Discuss this article
You need to log in or register to participate in this discussion.