Bayern Articles

Posts, News, and Articles from the Bayern Region

PAKAR (PAndangan KMKI Atas Realita)

Blog Single

Tanggal 15 Juni 2019 kemarin KMKI Bayern mengadakan acara PAKAR, singkatan dari Pandangan KMKI Atas Realita. PAKAR bulan ini bertemakan “What´s next?: Life after graduation”. Tema ini berfokus pada keputusan-keputusan yang bisa dan harus diambil setelah menyelesaikan studi di Jerman, dan tema ini diangkat karena untuk tema pertama PAKAR, tema ini diharapkan menjadi relevan untuk banyak orang sehingga semua peserta bisa ambil andil tentang tema ini. 

Setelah sambutan singkat dari ketua acara, PAKAR dimulai dengan video pengantar yang berhubungan dengan tema di atas untuk memberikan pengertian abstrak kepada peserta acara. Peserta yang walaupun hanya sedikit pun dibagi kembali menjadi kelompok-kelompok kecil yang jumlahnya hanya 3 sampai 4 orang dimana mereka membahas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator, yang kebetulan pada hari itu adalah Peter Ramon, BSc.; macam apakah pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan? Sayangnya kita tak dapat mempublikasikan pertanyaan tersebut, terutama karena kita penulis artikel sebenarnya tidak ikut acaranya dan kita tidak nanya. Mungkin bisa dimasukan saja ke dalam imajinasi masing-masing; tentunya pada PAKAR tersebut setelah mereka dibagi dalam kelompok kecil, mereka kembali bergabung menjadi kelompok yang tidak terlalu besar. 

Diskusi umum pun dimulai, dimana peserta berbagi jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan. Pembicaraan pun semakin lama semakin panas, alasan utamanya karena memang ruangannya tidak di ventilasi dengan baik, tetapi juga karena semakin lama semakin jelas bahwa opini terbagi ke dua kubu; antara kembali ke Indonesia atau tetap tinggal di Jerman setelah lulus kuliah. Tetapi waktu terus berjalan, dan PAKAR pertama pun harus berakhir. Meskipun pesertanya kurang dari yang diharapkan, tapi PAKAR pertama bisa dianggap sukses, dan semoga PAKAR selanjutnya hanya bisa menjadi lebih baik dari PAKAR pertama ini. Sampai jumpa dia cara PAKAR selanjutnya!