Nord Articles

Posts, News, and Articles from the Nord Region

Running Man #6: Silaturahmi dan Suksesi Kepengurusan

Blog Single

Pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019 KMKI Niedersachsen menggelar edisi keenam dari acara Running Man di KHG Hannover. Edisi kali ini selain sukses mengemas acara silaturahmi antar pelajar-pelajar katolik di rukun Niedersachsen dengan berbagai kegiatan rekreasional juga sukses dalam menentukan kepanitiaan rukun untuk periode 2019/2020. Berbagai kegiatan yang menarik ini membuat tali persaudaraan antara peserta semakin kuat dan tidaklah mengejutkan bahwa pada akhir acara terdapat suasana yang nyaman dan saling percaya.

Kesuksesan acara ini tidak bisa lepas dari kolaborasi berbagai pihak yang memungkinkan acara ini berjalan. Sebelum acara dimulai, sudahlah menjadi tradisi tersendiri bagi panitia KMKI Niedersachsen untuk bersama-sama membeli bahan makanan dan menyiapkan makanan untuk disantap pada hari acara. Seksi acara pun juga menyiapkan permainan dan agenda kegiatan hari acara.

Satu hal positif yang bisa diambil adalah sifat acara yang sangat inklusif, terbuka dan menjembatani komunitas-komunitas lainnya di Niedersachsen, seperti dicerminkan oleh kehadiran peserta-peserta yang bukan hanya dari anggota KMKI Niedersachsen, melainkan juga dari grup-grup pelajar Indonesia lainnya. Selain itu, dengan banyaknya kehadiran peserta dari luar kota, bisa disimpulkan bahwa ada ketertarikan khusus untuk acara sejenis ini. Hal ini juga direfleksikan oleh banyaknya dukungan untuk mengadakan acara bukan hanya di Hannover sebagai kota domisili mayoritas anggota KMKI Niedersachsen, melainkan juga kota-kota lainnya juga.

Acara dimulai dengan sambutan dari pemandu acara dan sesi perkenalan singkat. Hannover, Braunschweig, Osnabrück – dari sesi 10 menit ini kami dipandu melalui Niedersachsen dan menuju kehidupan masing-masing peserta. Sesi permainan pertama pun dimulai dengan Teka-Teki Silang ala Cak Lontong; sebuah permainan yang mudah apabila jawaban yang diminta dari pertanyaan-pertanyaan adalah jawaban yang paling logis dan tidak membelokkan realita. 

Sesi kedua melibatkan memori dan cepat tanggap dari para peserta. Mereka dipertontonkan berbagai iklan-iklan populer dari tanah air dan diminta untuk menebak produk yang diiklankan. Beragam iklan yang humoris dan membangkitkan rasa nostalgia pun dengan mudah bisa ditebak. Dari kedua permainan tersebut, kelompok-kelompok memperlombakan poin.

Poin-poin tersebut digunakan untuk memperlemah kelompok rival di permainan selanjutnya: mencari harta karun. Mobilitas dan kemampuan visual lawan dilemahkan dengan cara menukar tali rafia dan kacamata hitam untuk poin yang sudah diraih. Terdapat berbagai momen menyenangkan dan lucu saat tim-tim tertatih-tatih mencari lima carik kertas petunjuk. Pemenang permainan ini mendapatkan hadiah kupon makan gratis.

Setelah sesi makan dan istirahat, Running Man edisi keenam diakhiri dengan pemilihan dan pelantikan panitia kerja baru untuk periode 2019-2020. Saat pelantikan berlangsung, terdapat banyak interaksi antara panitia kerja periode lalu dan peserta lainnya, terutama dalam mencerna feedback dan membuat konsensus. Pada akhirnya diputuskan bahwa selain 10 orang yang akan dilantik, KMKI Niedersachsen juga akan membuka dua posisi pengurus tambahan. Dihadapan Teresa Tamara selaku ketua KMKI regio Nord, dilantiklah kesepuluh orang tersebut.

Pada akhirnya Running Man edisi kali ini telah berjalan dengan sangat sukses. Selain membina hubungan antar anggota KMKI serta komunitas lainnya, Running Man kali ini juga sukses dalam memastikan keanggotaan panitia kerja untuk periode berikutnya. 

"Yesus menceritakan kepada mereka perumpamaan ini, “Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Tidakkah mereka berdua akan jatuh ke dalam lubang? – Lukas 6:39"

 "Peserta dibagi dalam kelompok selama rangkaian permainan."

"Proses pemilihan Panitia Kerja KMKI Niedersachsen"