Pusat Articles

Posts, News, and Articles from the Pusat Region

17-an dan Piknik bersama KMKI Hessen

Blog Single

Minggu tanggal 21 agustus yang lalu KMKI Hessen mengadakan sebuah acara seru untuk memperingati hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertajuk “17an and Piknik with KMKI Hessen”. Dalam acara ini panitia pengurus KMKI Hessen mempersiapkan berbagai perlombaan menarik yang terinspirasi oleh lomba HUT RI klasik seperti yang biasa diadakan di Indonesia tetapi dengan sedikit perubahan. Peserta berkumpul di Herrngarten Darmstadt pada pukul 15:00 dan acara dimulai setelah semua peserta berkumpul. Acara dibuka dengan ice breaking sekaligus pembagian peserta ke dalam kelompok - kelompok kecil untuk perlombaan selanjutnya. Dalam game pembuka ini setiap peserta diberikan selembar kertas berisikan nama-nama binatang, tiap - tiap kertas berisikan nama hewan yang berbeda. Kemudian peserta diminta untuk mencari rekan satu tim dengan cara mencari nama hewan yang masuk dalam kategori yang sama. Maka terbentuklah 4 grup, yaitu Mamalia, Pisces, Aves dan Reptil. Setelah kelompok

terbagi, perlombaan pun dimulai.

Lomba pertama adalah lomba voli air. Dalam pertandingan ini setiap tim diberikan dua lembar selimut, selimut ini digunakan untuk melemparkan balon air ke daerah lawan. Lalu kelompok lawan akan menerima balon air yang dilemparkan juga menggunakan selimut. Keempat grup mengumpulkan poin dalam setiap tahap, mereka berkompetisi memperebutkan 2 tempat di final. Acara pun dilanjutkan dengan kompetisi kedua , yaitu Balap Schwarzer Sack.Peraturannya seperti balap karung pada umumnya tetapi kali ini bukan menggunakan karung melainkan kantong plastik besar. Sistem yang dipakai adalah estafet dimana seluruh anggota regu harus berlomba dengan menggunakan 1 karung sampai garis finish lalu mengoper karung ke anggota lainnya yang siap menunggu dalam barisan. Perlombaan berlanjut dengan permainan ketiga yaitu Lomba Pulpen Botol. Dalam permainan ini para peserta diharuskan untuk memasukan pulpen yang diikat ke pinggang menggunakan tali ke dalam botol tanpa bantuan tangan. Dalam lomba ini juga berlaku sistem estafet agar seluruh anggota kelompok dapat berpartisipasi.

Game berikutnya adalah Balap Kelereng, dimana tiap peserta diberikan sebuah sendok dan satu buah kelereng setiap grup. Lalu mereka diminta untuk mengoper kelereng sampai ke anggota kelompok yang terakhir dengan menggunakan sendok yang diletakkan di mulut. Lomba ini juga merupakan tahap terakhir untuk menentukan dua kelompok dengan perolehan poin terbanyak yang akan berlomba di final nantinya. Setelah keempat permainan selesai masuklah acara ke babak final yaitu Lomba Koin Tepung. Setiap anggota kelompok diberikan piring berisi tepung yang di dalamnya terdapat koin. Dua grup ini harus mencari lima koin dalam tepung menggunakan mulut. Kelompok yang menemukan 5 koin dalam waktu paling singkat adalah pemenang dalam acara 17an ini.

Rangkaian acara ditutup dengan piknik bersama seluruh anggota KMKI Hessen. Para peserta dan panitia pun menggunakan kesempatan ini untuk berbincang-bincang bercerita sembari menikmati snack dan soda gembira yang telah disediakan. Pukul 7 malam peserta mulai meninggalkan Herrngarten. Kegiatan kali ini sangat asik, unik, dan merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk memperingati hari kemerdekaan bersama teman - teman.

Sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya!